(061) 6642331

SMP ISLAM AL ULUM TERPADU JUARA 2 LOMBA KARYA TULIS ILMIYAH KOTA MEDAN

Oleh: manajemen | Ditulis pada: 14-Sep-2017 10:31:57

Medan, (31/8)

Untuk sekian kalinya SMP Islam Al Ulum Terpadu Medan meraih juara 2 dalam lomba Karya Ilmiyah tingkat pelajar yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan(BALITBANG) Pemerintah Kota Medan.

Pada tahun-tahun sebelumnya SMP Islam Al Ulum Terpadu Medan selalu mendapatkan nomor, dan tahun ini kita mendapatkan juara 2. Hal ini disampaikan oleh wakil kepala sekolah SMP Islam Al Ulum Terpadu Medan bidang Kesiswaan M.Nurhadi Amri,S.PdI saat mendampingipeserta didiknya Rahma Izzatun Nabiha di Balai Kota baru-baru ini.

Menurutnya presentasinya yang disampaikan Rahma sangat mengesankan dan menganggumkan untuk sekelas usianyayang masih SMP. Selain piawai dalam menjelaskan konsep Taman pintar mengantarkan Rahma menjadi juara 2 tapi, Rahma juga lugas dan tegas dalam menjawab pertanyaan dewan juri penguji. Gagasan taman pintar yang merupakan ide kreatif dari siswi SMP Islam Al Ulum terpadu ini diharapkan dapat diwujudkan dikota Medan dalam mewujudakan pelajar-pelajar yang berkarakter. Selain itu, taman pintar dirasa sangat mendesak karena, wahan bermain tapi memilki niali edukatif sudah sangat jarang ditemui dikota Medan.

Dalam presentasinya karya ilmiyanya Rahma Izzatun Nabiha yang berjudul Taman Pintar Medan sebagai sarana pendidikan karakter untuk meningkatkan kualitas Pendidikan kota Medan menjelaskanPeningkatan kualitas pendidikan ditentukan oleh ketersediaan sarana dan prasaran yang memadai. Pengembangan infrastruktur yang tepat dapat meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang diharapkan. Pendidikan Karakter menjadi amanat Kurikulum 2013, yang dalam implementasinya membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak terkait. Pemerintah Kota Medan dapat membangun Taman Pintar Medan yang berisi alat peraga dan permainan edukatif dalam bidang sains, seni budaya dan ilmu-ilmu sosial sehingga pendidikan karakter dapat diajarkan kepada para pelajar dan pengunjung secara menyenangkan. Dengan pembiasaan nilai-nilai karakter dalam penggunaan alat peraga maupun permainan dalam Taman Pintar Medan diharapkan akan terbentuk generasi muda yang memiliki kompetensi yang cakap dan karakter kepribadian yang mulia.

Selanjutnya Rahma jugaberpendapat bahwa Konsep Taman Pintar Medan yang diusung memiliki perbedaan dengan fasilitas sejenis dari segi materi ilmu yang disajikan yang meliputi ilmu sains, seni dan budaya serta ilmu-ilmu sosial. Taman Pintar Medan menyediakan wahana permainan-permainan tradisional dan modern yang secara tidak langsung memberikan pengajaran pendidikan karakter dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Dalam Taman Pintar Medan, atribut-atribut budaya lokal juga ditunjukkan dengan cara yang menarik sehingga para pelajar atau pengunjung dapat lebih dekat dengan budaya-budaya lokal yang menjadi kekayaan Kota Medan.

Dipenutup presentasinnya Rahma berharap dalam melaksanakan ide ini, diperlukan kerjasama pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Daerah sebagai penentu kebijakan serta sinergi antara dinas-dinas yang ada seperti Balitbang, Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata. Dengan demikian diharapkan dapat terbentuk Taman Pintar Medan yang memilki konsep terencana, strategis, menarik dan dapat digunakan untuk pengembanngan pendidikan karakter sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya.

Other News

Upcoming Events

FEB 18

Open Day

10:00am - 18:00pm
East Campus

SEP 06

E-learning at College Green

10:00am - 16:00pm
Learning Center

JUN 23

Career Fair

09:45am - 16:00pm
Library