(061) 6642331

Sejarah Yayasan Amanah Karamah

Oleh: admin | Ditulis pada: 01-Jun-2016 08:42:34

Oleh : Prof. Dr. H. Nawir Yuslem, MA

Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Jalan Tuasan No. 35 Medan pada dasarnya adalah pengembangan dari Perguruan Al-Ulum Jalan Amaliun Medan yang telah berdiri sejak awal bulan Agustus tahun 1965 yang lalu, yang dikelola oleh Yayasan Pembangunan dan Pendidikan Al-Djihad. Salah seorang dari pendiri Yayasan Al-Djihad tersebut adalah Almarhum Bapak H. Abdul Halim, yang semasa hidupnya adalah seorang pengusaha dan pemerhati pendidikan terutama pendidikan Islam di Kota Medan.

Sebelum beliau meninggal dunia, beliau mewakafkan sebidang tanah di Jalan Tuasan kepada Yayasan Pembangunan dan Pendidikan Al-Djihad Medan, agar Yayasan tersebut dapat menyelenggarakan pendidikan yang bernuansa Islami diatas tanah tersebut sebagai pengembangan dari Perguruan Al-Ulum jalan Amaliun Medan. Sebagai tindak lanjut dari wakaf Almarhum Bapak H. Abdul Halim tersebut, maka dari pihak keluarga pewakif bersama-sama dengan Yayasan Pembangunan dari Pendidikan Al-Djihad membangun sebuah Perguruan yang kemudian diberi nama "Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu" dijalan Tuasan no. 35 Medan, yang pada awalnya merupakan cabang dan pengembangan dari Perguruan Al-Ulum jalan Amaliun / Cemara Medan.

Pembangunan gedung "Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu" Jalan Tuasan dimulai sejak tahun 2002 dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Medan, Drs. H. Abdillah Ak. MBA pada tanggal 28 Maret 2002. Penggunaan kata "Al-Ulum" juga sudah disepakati oleh seluruh pengurus Yayasan Pembangunan dan Pendidikan Al-Djihad dalam suatu rapat pleno/rapat lengkap Yayasan Al-Djihad yang diadakan tidak lama sesudah terbentuknya Yayasan Amanah Karamah (yang bermakna hanya dengan sifat, perilaku, dan tindakan amalah kemuliaan, kehormatan atau karamah itu dapat diraih dan dicapai) sebagai pemekaran dari yayasan Pembangunan dan Pendidikan Al-Djihad.

Selanjutnya untuk legalitas Yayasan Amanah Karamah dikukuhkan melalui Akte Notaris Syahril Sofyan, SH, No. 13 Tgl 19 Februari 2004, dengan susunan pengurus sebagai berikut :

  1. Prof. Dr. H. Nawir Yuslem, MA (Komisaris Yayasan Al-Djihad) sebagai Ketua Umum.
  2. Drs. H. Kemal Fauzi (Komisaris Yayasan Al-Djihad) sebagai Ketua I.
  3. Indra Prasetia, S.Pd.,M.Si (Guru tingkat SMA Yayasan Al-Djihad) sebagai Sekretaris.
  4. Dra. Hj. Erlina Hasan (Komisaris Yayasan Al-Djihad) sebagai Kepala Sekolah (Periode 2003-2005).
  5. Asmaruddin, SPd.I (Komisaris Yayasan Al-Djihad) sebagai Wakil Kepala Sekolah (Periode 2003-2005).
  6. dr. Jumna Hasbullah (Bendahara Yayasan Al-Djihad) sebagai Pengawas.

Setahun kemudian, tepatnya awal Tahun Pelajaran 2003/2004, Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu mulai menerima siswa baru untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan kapasitas murid untuk masing-masing tingkat adalah 36 orang/lokal. Penyelenggara pendidikan bersifat Terpadu yaitu program yang memadukan antara ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan iman dan takwa (IMTAK).

Secara administratif Dinas Pendidikan Kota Medan telah mengeluarkan Izin Operasional untuk 3 (tiga) jenjang/tingkat pendidikan, yaitu :

  1. SD ISLAM AL-ULUM : Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Nomor : 420/16897/Pr/2003 tertanggal 17 Desember 2003.
  2. SLTP ISLAM AL-ULUM : Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Nomor : 420/16896/Pr/2003 tertanggal 17 Desember 2003.
  3. SMU ISLAM AL-ULUM : Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Nomor : 420/16898/Pr/2003 tertanggal 17 Desember 2003.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Pembina No. 01/Kep/YAK/IV/2004 Tanggal 28 Desember 2004 terbentuk kepengurusan baru dengan susunan sebagai berikut :

I. Pembina :

  1. H. Indra Halim (Ketua)
  2. Hj. Ani Halim
  3. Hj. Yunita
  4. Hj. Linda Mahyuddin
  5. H. Mulfi Halim
  6. Hj. Widya Agustina
  7. H. Abdul Aziz Muslim
  8. H. Ahmad Rizal
  9. Hj. Reni Feby

II. Pengawas :

  1. H. Ruslim (Ketua)
  2. Eko Putro Wibowo, Lc
  3. Sulaiman Damid, Lc
  4. Prof. Dr. H. Amiur Nuruddin, MA
  5. Drs. Mohd. Hafis Ismail
  6. Dra. Nurul Izzah Djamal

III. Penasehat :

  1. 1.Dr. Faisar Ananda, MA
  2. 2.Timsar Zubil
  3. 3.H. Syafril Effendi

Dalam perkembangan berikutnya terjadi lagi perubahan kepengurusan Yayasan Amanah Karamah dikarenakan adanya pengurus yang meninggal dunia dan pindah tugas. Berdasarkan SK Pembina No. 01/Kep/Yak/IV/2009 Tanggal 28 Desember 2009, maka susunan pengurus Yayasan Amanah Karamah sebagai berikut :

Pengurus Harian :

  1. Prof. Dr. H. Nawir Yuslem, MA (Ketua)
  2. Drs. H. Mhd. Zahrin Piliang, M. Si (Wakil Ketua Bidang Kurikulum)
  3. Wilchan Robain SE (Wakil Ketua Bidang Usaha)
  4. Indra Prasetia, S.Pd, M.Si (Sekretaris)
  5. Agus Handri, BA (Bendahara)
  6. H. Dany Abriantho, S.Thl (Kepala Litbang Pendidikan)

Dengan terbentuknya Yayasan Amanah Karamah sebagai Pengelola Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu yang baru, maka langkah awal yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi sekolah (Perguruan) ke masyarakat (umat Islam), jama'ah-jama'ah diberbagai mesjid yang ada dikota Medan, dan para dosen dan pengajar diberbagai perguruan tinggi di Kota Medan yang konsern terhadap pendidikan dan perguruan Islam. Selanjutnya diresmikanlah gedung Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu Jalan Tuasan Medan pada tanggal 22 Mei 2004 yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak H.T.Rizal Nurdin. Pada saat itu juga sekaligus dilakukan peresmian berbagai fasilitas sekolah yang dimiliki oleh Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu, diantaranya diresmikan Laboratorium Bahasa Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu oleh Rektor IAIN Sumatera Utara Prof. Dr. H. M. Yasir Nasution dan Laboratorium Komputer Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu oleh Bapak Drs. Sakhyan Asmara, M. SP, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara.

Periode Sekarang (2012-2016)

  • Kepala Sekolah SD : Hj. Dra. Endang Wahyuni
  • Wakil Kepala Sekolah SD : Awaluddin Tanjung, S.Pd
  • Kepala Sekolah SMP : Nur Rahimah S,S.PdI
  • Wakil Kepala Bid. Kurikulum : Leni Wahyuni, S.Pd
  • Wakil Kepala Bid. Adm dan Kesiswaan : M. Nurhadi Amri, S.Pd
  • Kepala Sekolah SMA : M. Nizamuddin, S.Ag.,S.H
  • Wakil Kepala Sekola SMA : Hilda Armadhani Hutasuhut, S.Pd