(061) 6642331

Membentuk Karakter Qurani PLS SMP Islam Al-Ulum Terpadu

Oleh: smp | Ditulis pada: 25-Jan-2017 12:32:56

Membentuk Karakter Qurani PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP Islam Al-Ulum Terpadu

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan memang terbilang beda dengan sejumlah sekolah lainnya di Kota Medan. Kegiatan yang digelar pada 18-20 Juli 2016 tersebut memang lebih menekankan pembentukan kepribadian siswa yang qurani. Sejak hari pertama PLS, kegiatan diisi dengan berbagai materi seperti pemaparan sejarah Al-Ulum Terpadu yang disampaikan Kepala SMP Islam Al-Ulum Terpadu, Suhendrik, S.Pd., dan tips menghafal Alquran oleh H. Muhammad Saleh Daulay M.A.

Seperti diketahui, bila tips menghafal Alquran yang menyenangkan dan mudah, menurut Saleh Daulay, adalah menghafal dengan tidak merasa dibebani dan ikhlas karena Allah SWT "Selanjutnya, menghafal dengan sepotong ayat yang terus berulang sampai hafal sehingga sempurna satu ayat. Satu hal yang menjadikan kita sukses menghafal Quran dengan teknik menyetor hafalan 1 ayat setiap hari, sehingga menghafalnya jadi lebih mudah," katanya.

Pada akhir sesi materi tips menghafal Alqruan, seluruh peserta juga diuji kemampuan menghafal. Hasilnya, sebagian besar peserta PLS mampu menghafal 1 ayat Alquran dalam waktu 5 (lima) menit. Adapun PLS SMP Islam Al-Ulum Terpadu diikuti 144 siswa yang merupakan hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB). Selain focus pada penanaman nilai-nilai Alquran, PLS juga diisi dengan berbagai kegiatan permainan, pentas seni, pertunjukan ekstrakurikuler plus shalat berjamaah.

Suhendrik, S.Pd. mengatakan pihaknya telah mencanangkan untuk menjdi sekolah yang mencetak generasi Qurani mulai tahun pelajaran ini. Untuk mencapai misi tersebut, menghafal Alquran merupakan bagian dari proses belajar mengajar. Berbagai strategi telah dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dengan launching gerakan One Day One Verse (satu hari satu ayat) beberapa waktu lalu.