(061) 6642331

Membangun Rasa Cinta dan Kasih Sayang dalam Kegiatan Pramuka

Oleh: manajemen | Ditulis pada: 23-Feb-2018 07:44:06

Salam Pramuka!!

Saat sekarang ini kegiatan pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib dalam satuan pendidikan yang sesuai dengan kurikulum 2013.Kata 'Pramuka' merupakan kependekan dari Praja Muda Karana. Itu mempunyai makna 'anak muda yang suka berkarya' atau 'orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya'. Kata berjiwa muda di sini merupakan ukuran semangat untuk maju. Praja berarti rakyat atau anak –anak Indonesia. Muda berarti yang mempunyai usia antara 6-21 tahun, dan Karana, berasal dari kata sangsekerta yang mempunyai arti pembuatan, penghasilan, yang harus diartikan kesanggupan dan kemampuan berkarya serta membangun masyarakat yang adil dan makmur.

Pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Pramuka memiliki metode sendiri dalam menciptakan pemuda yang tangguh dan kreatif dengan kegiatan kepramukaan. Dalam prosesnya seorang pramuka dibekali dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Inilah yang kemudian membuat seorang pramuka begitu kuat karakternya dan menjadi harapan generasi bangsa yang memiliki kepribadian dan siap membawa bangsa lebih maju dan bermartabat. Dasa darma adalah ketentuan moral. Karena itu, Dasadarma memuat pokok-pokok moral yang harus ditanamkan kepada anggota Pramuka agar mereka dapat berkembang menjadi manusia berwatak, setia, dan sekaligus mampu menghargai dan mencintai sesama manusia dan alam ciptaan Tuhan Yang Maha esa

Dalam membangun rasa cinta dan kasih sayang, kita harus tahu kasih sayang adalah salah satu kesempurnaan yang ada pada diri manusia. Dengan cinta dan kasih sayang kita dapat merasakan penderitaan yang dirasakan orang lain. Dan dengan cinta dan kasih sayang pula lah kita berusaha untuk menghilangkan penderitaan yang dirasakan oleh orang lain tersebut seperti yang tercantum dalam Dasa Darma kedua dibawah ini.

Darma kedua: Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Hasil gambar untuk gambar dasa darma ke dua

a. Pengertian

1. Allah SWT telah menciptakan seluruh alam semesta yang terdiri dari manusia, binatang, tumbuhan-tumbuhan, dan benda-benda alam. Bumi, alam, hewan, dan tumbuh-tumbuhan tersebut diciptakan Allah bagi kesejahteraan manusia.Karena itu, sudah selayaknya pemberian Allah ini dikelola, dimanfaatkan, dan dibangun.

Sebagai makhluk ciptaan Allah yang lengkap dengan akal budi, rasa, karsa dan karya, serta dengan kelima inderia manusia patut mengetahui makna seluruh ciptaana-NYa. Wajar dan pantaslah Pramuka, secara alamiah, melimpahkan cinta kepada alam sekitarnya (benda alam, satwa, dan tumbuh-tumbuhan), kasih sayang kepada sesama manusia dan sesama hidup serta menjaga kelestariannya.

Kelestarian benda alam, satwa, dan tumbuh-tumbuhan perlu dijaga dan dipelihara karena hutan tanah, pantai, fauna, dan flora serta laut merupakan sumber alam yang perlu dikembangan untuk menunjang kehidupan generasi kini dan dipelihara kelestariannya untuk kehidupan generasi mendatang.

2. Yang dimaksud dengan cinta dan kasih sayang apabila manusia dapat ikut merasakan suka dan derita alam sekitarnya khususnya manusia. Kelompok-kelompok manusia ini merupakan bangsa-bangsa dari Negara yang terdapat di dunia ini. Bila kita mau mengerti dan bergaul dengan bangsa lain maka rasa kasih sayanglah yang dapat mendekatkan kita dengan siapa pun. Dengan demikian, akan terciptalah perdamaian dan persahabatan antar manusia maupun antar bangsa.dalam kegiatan pramuka inilah kita mendapatkan pembelajaran saling mencintai dan menyayangi walaupun berbeda suku dan agama. Susah senang dilewati bersama dalam kegiatan pramuka.

Khususnya sebagai seorang Pramuka menganggap Pramuka lainnya baik Indonesia maupun dari bangsa lain sebagai saudaranya karena masing-masing mempunyai satya dan darma sebagai ketentuan moral. Pramuka Indonesia yang bertujuan menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur sudah sepantasnyalah jika ia berusaha meninggalkan watak yang dapat menjauhkan ia dengan ciptaan Allah lainnya dengan memiliki sifat-sifat yang penuh rasa cinta dan kasih sayang.

Rasa cinta dan kasih sayang dalam kegiatan pramuka ini akan terbentuk dengan melakukan pelaksanaan dalam kehidupan sehari-hari antaranya :

1)Membawa peserta didikkealam bebas agar mengetahui dan mengenal berbagai jenis tumbuhan-tumbuhan, dan memelihara tumbuhan tersebut di rumah masing-masing.Hal ini dapat dijadikan persyaratan untuk mencapai tanda kecakapan khusus dan menumbuhkan rasa cinta alam.

2) Begitu pula halnya sikap kita terhadap binatang, perkenalakan peserta didik dengan sifat masing-masing jenis binatang untuk mengetahui manfaatnya. Anjurkan juga memelihara dengan baik binatang yang mereka miliki.

3)Mengikuti latihan gabungan dengan pramuka lain agar memupuk rasa persaudaraan yang lebih erat antara sesama pramuka, susah senang dalam melaksanakan kegiatan gabungan akan menciptakan rasa cinta dan ksih sayang sesama manusia.

Kasih sayang sesama manusia tidak lepas dari perwujudan kerendahan diri manusia sebagai makhluk terhadap keagungan pencipta-Nya. Ketakwaan kita kepada Allah SWT wajib dihayati sepanjang hidup. Di samping itu, perlu membangun watak utama antara lain, tidak mementingkan diri pribadi, menghargai orang lain meskipun tidak sebangsa dan seagama. Demikian pula, bersaudara dengan Pramuka sedunia. Siapa pun yang kita kenal dan kita dekati lambat-laun akan timbul rasa cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Rasa inilah yang dapat menggugah rasa dekat dengan Alkhalik, karena tidak terhalang oleh rasa benci, marah dan sifat-sifat yang tidak terpuji, dengan demikian, kita menyadari keagungan Allah SWT.