(061) 6642331

MEMBANGUN BUDAYA KOMPETISI DAN PRESTASI DI SEKOLAH YANG DIPAKSA, TERPAKSA, AGAR TERBIASA

Oleh: manajemen | Ditulis pada: 18-Jan-2018 07:35:04

JATUH..BANGUN…hal itu sudah lumrah dalam perolehan prestasi di sekolah. Setiap prestasi dibangun melalui usaha dan kerja keras, mustahil kita bisa meraih prestasi jika selalu bermalas-malasan. Kebutuhan akan prestasi atau need of achievement sangatlah penting kita tanamkan di lingkungan sekolah, sehingga para siswa tidak akan takut dan gentar dalam berkompetisi, kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun.

Dalam meningkatkan iklim tersebut di atas SD Islam Al Ulum Terpadu Medan mengupayakan beberapa hal untuk semangat berkompetisi , yaitu :

  • 1.Memilih tendik/guru yang selalu memotivasi , bersemangat dalam melatih dan membimbing siswa, karena guru berperan penting dalam menguatkan (empowering )
  • semangat siswa.
  • 2.Mengembangkan budaya ( culture ) di sekolah berupa nilai-nilai, sikap dan perilaku positif untuk siap berkompetisi
  • 3.Menghargai siswa berprestasi dengan mental sang juara ( winner ) dan pantang menyerah

Terkait hal di atas SD Islam Al Ulum Terpadu Alhamdulillah untuk tri wulan pertama tahun ajaran 2017 – 2018 telah meraih trophy / penghargaan dari berbagai event lomba untuk tingkat kecamatan, kota, propinsi dan tingkat Nasional.

Adapun prestasi tersebut diraih pada perlombaan :

NO

NAMA

JENIS LOMBA

TINGKAT

KET

1

SAKTI SATRIA SANJAYA

SILAT

O2SN/PROVINSI

JUARA III

2

DAFFA MAULANA SIDDIQ

MENDONGENG

KOTA MEDAN

JUARA III

3

DAFFA MAULANA SIDDIQ

TELLING STORY

KOTA MEDAN

JUARA I

4

SAKTI SATRIA SANJAYA

TELLING STORY

KOTA MEDAN

JUARA III

5

ZAHDA SUHAILA HSB

PIDATO

NASIONAL

HARAPAN

6

SYIFA ANNISA ZUHRI

MENGGAMBAR

NASIONAL

HARAPAN

Setiap guru pasti menginginkan anak didik mereka berprestasi di sekolah. Kegagalan atau keberhasilan siswa dalam belajar bisa dilihat dari prestasi belajar siswa yang dicapai. Prestasi adalah hasil yang dicapai seseorang baik berupa kuantitas maupun kualitas karena telah melakukan kegiatan belajar.

Seseorang yang sudah melakukan kegiatan belajar akan terlihat mengalami perubahan, baik dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, nilai, pemahaman serta sikap. Prestasi belajar siswa bisa dilihat dari keseluruhan penyelenggaraan pengajaran itu sendiri, bahkan terdapat sebuah hubungan timbal balik antara penilaian pengajaran.

"JADILAH KALAH KARENA MENGALAH, BUKAN KALAH KARENA MENYERAH DAN JADILAH PEMENANG KARENA KEMAMPUAN BUKAN MENANG KARENA KECURANGAN "