(061) 6642331

KUNJUNGAN MAHASISWA WASEDA JEPANG DI SD ISLAM AL-ULUM TERPADU

Oleh: manajemen | Ditulis pada: 12-Jan-2018 09:46:38

Senin, 28 Agustus 2017 sekitar 15 orang Mahasiswa Waseda University yang mewakili organisasi mahasiswa Waseda yang bergerak di bidang sosialisasi dan mitigasi bencana (WASEND), berkunjung ke SD ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN. Kunjungan ini bekerja sama dengan Yayasan Jissho yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada para siswa Sekolah Dasar dan para Mahasiswa dalam hal mitigasi bencana. Adapun fokus materi yang disampaikan adalah penanganan bencana Tsunami dan gunung berapi. Hal tersebut dilakukan mengingat lokasi geografis Indonesia yang dipenuhi dengan banyak gunung berapi dan diapit oleh lempengan-lempengan samudra yang berpotensi menyebabkan kedua bencana tersebut. Pihak SD ISLAM AL ULUM TERPADU menyambut kedatangan para mahasiswa Waseda dengan sangat baik

Merupakan suatu kebanggaan bagi kita karna SD ISLAM AL ULUM TERPADU dipilih menjadi kandiudat sekolah yang dikunjungi oleh Mahasiswa Waseda University,perlu diketahui bahwasanya Waseda University adalah salah satu Universitas terkemuka di Jepang yang telah melahirkan tokoh-tokoh penting yang berasal dari Jepang.

Para mahasiswa ini umumnya berasal dari jurusan teknik sipil.Para mahasiswa Waseda ini umumnya ada di tingkat 1, tingkat 2 , dan tingkat 3. Program ini sudah berjalan selama 3 tahun di Indonesia dan telah diadakan di berbagai kota di Indonesia terutama Banda Aceh, Medan, Yogyakarta, dan Bali.

Saat melakukan sosialisasi ke sekolah SD ISLAM Al ULUM TERPADUI, mereka tampak antusias dalam menyampaikan materinya.Para siswa-siswi pun juga tampak antusias dalam mengikuti sosialisai dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan yang membangun.Pada kunjungan ini para masiswa Waseda memberikan cindera mata kepada kepala sekolah berupa buku bacaan "Saki dan Koji '.

Yayasan Jissho juga melibatkan para siswanya dalam kegiatan mereka.Selain untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang mereka, hal ini bertujuan untuk menemani mereka selama kegiatan berlangsung.Terkadang para siswa Jissho ini juga menjadi penerjemah ketika pertanyaan diajukan dalam bahasa Indonesia.

Selama 3 hari di Medan, mereka mengaku senang "Orangnya ramah-ramah dan menyenangkan.

"Anak-anak Indonesia terlihat sangat semangat dalam mengikuti kegiatan ini.Bahkan kami sudah seperti selebriti yang tak henti-henti diminta foto bersama", ungkap Matsuo.Mahasiswa tahun ke-3 Universitas Waseda.

Program dari Waseda ini mungkin akan diadakan juga di tahun depan dan bekerjasama dengan berbagai pihak di kota Medan .