(061) 6642331

PELAKSANAAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI PERGURUAN ISLAM AL-ULUM TERPADU

Oleh: manajemen | Ditulis pada: 11-Nov-2016 10:03:03

Hari Raya Idhul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia dimana pada hari tersebut terdapat suatu kegiatan istimewa yakni penyembelihan hewan ternak (Kurban). Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan ridho Allah S.W.T.

Penyembelihan hewan ternak (kurban) secara etimologi berasal dari kata bahasa Arab, yakni Qaraba, Yaqrabu, Qurban waqurbanan waqirbanan yang memiliki arti dekat. Jadi, kurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya.Kurban dalam pengertian kita sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhhiyah yakni bentuk jama' darikata "dhahiyyah" yaitu sembelihan pada waktu dhuha tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah.

Dengan demikian yang dimaksud dengan kurban atau udhhiyah adalah penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada hari raya Idul Adha (10 Dzulhijah) dan tiga hari Tasyriq (11, 12 dan 13 Dzulhijjah).Adapun makn akurban adalah sebagai berikut:

  • 1.Merupakan pencerah jiwa karena dengan berkurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT;
  • 2.Dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya juga mencintai makhluk ciptaanNya.
  • 3.Mempererat tali persaudaraan kepada sesama manusia serta sikap solidaritas yang tinggi;
  • 4.Memperkuat keteguhan hati dan jiwa dalam diri kita.

Sehingga dengan pelaksanaan perayaan hari Raya Idhul Adha ini diharapkan kita bias belajar dan mengerti mengenai makna kurban serta mengetahui bagaimana proses penyembelihannya.

Pada tahun ini, Yayasan, Guru dan Pegawai Perguruan Islam Al-UlumTerpadu memberikan hewan kurban sebanyak 3 (tiga) ekor lembu kepada panitia. Panitia melaksanakan pemotongan hewan kurban pada tanggal 10 Dzulhijjah 1437 H yang bertepatan pada hari Senin Tanggal 12 September 2016.

Adapun pendistribusian daging kurban diawali dengan melakukan distribusi kupon kewarga sekitar, amil dan para mustahik lainnya. Distribusi kupon juga langsung dilakukan oleh panitia yang bertugas, dengan tujuan agar terjadinya pemerataan pada lapisan terbawah dan menghindari pengendapan kupon pada sekelompok orang tertentu.